Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persepsi Yang Salah Tentang Lembar Kerja

persepsi salah kaprah adalah faham yang berpandangan bahwa PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan)identik dengan Belajar Kelompok dan selalu menggunakan Lembar Kerja (LK), belajar kelompok adalah satu belajar yang bervariasi dan untuk melaksanakan PAKEM tidak mesti menggunakan Lembar Kerja (LK)alasannya
Karena Lembar Kerja digunakan untuk memperjelas tugas yang dilakukan siswa atau kelompok,kemudian juga memudahkan guru untuk mengolah kelas dan mengaktifkan guru disamping memungkinkan siswa melakukan tugas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan juga meningkatkan kemandirian belajar siswa.
sebenarnya apa sih lembar kerja itu?, Lembar Kerja adalah alat pembelajaran tertulis untuk membantu guru dalam memberikan tugas yang singkat dan jelas kepada siswa melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Tujuan diadakan Lembar Kerja adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa bukan untuk mengetahui atau mengetes sejauh mana pemahaman atau pengetahuan siswa, oleh karena itu Lembar kerja yang mengisi satu dua kata adalah bukan Lembar Kerja yang baik.
dibawah ini adalah ciri-ciri Lembar Kerja yang baik yaitu:


  1. sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa
  3. bisa mengaktifkan semua siswa
  4. meningkatkan interaksi antar siswa
  5. tugas /pertanyaan jelas dan menantang
  6. membuat siswa aktif, produktif dan berfikir kritis
  7. meningkatkan kemandirian dalam belajar
  8. melatih siswa bekerja sama
  9. melatih siswa memecahkan masalah
  10. penyajian menjadi lebih menarik
adapun jenis-jenis lembar kerja adalah sebagai berikut:

  1. Lembar Kerja terbimbing adalah yang dalam mengerjakannya dituntun dengan langkah-langkah kerja
  2. Lembar Kerja terbuka adalah Lembar kerja bebas yang bisa dilakukan sesuai dengan kreasi siswa
lantas bagaimana dengan bentuk Lembar Kerja?


  • sederhana
  • tulis gambar peta diagram tabel dll
  • struktur lebih bebas
  • ada informasi langsung dan singkat berisi tugas siswa
  • tergantung tujuan dan tingkat kesukaran dari Kompetensi Dasar yang dikembangkan